Home » » Cara menghitung Masa Subur Wanita Serta Ciri dan Tanda fisiknya

Cara menghitung Masa Subur Wanita Serta Ciri dan Tanda fisiknya

Cara menghitung Masa Subur Wanita Serta Ciri dan Tanda fisiknya
Salah satu tujuan dari terbentuknya sebuah rumah tangga adalah untuk mendapatkan seorang keturunan sebagaimana tertera dalam kitab suci, Kebahagiaan akan terasa lengkap dalam sebuah rumah tangga dengan hadirnya seorang Anak. akan tetapi Manusia cuma berusaha tentunya tuhanlah yang menentukanya, Banyak orang yang mebina rumah tangga langsung secara cepat di karunia seorang anak, akan tetapi tidak sedikit yang menunggu bertahun-tahun akan tetapi belum juga di karuniai seorang putra, nah tidak ada salahnya bagi pengantin baru yang ingin  cepat mempunyai anak mengetahui Ciri tanda dan menghitung Waktu kapan saat mengalami kesuburanya,  karena dengan ini merupakan salah satu usaha  agar cepta di karunia anak.

Ada beberapa metode yang dapat di lakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan seorang wanita:

1.cara mengetahui Kesuburan Wanita lewat kalender.
Metode ini memang sudah lazim di gunakan, bahkan sejak dlu metode ini secara turun temurun di wariskan oleh orang tua kita sistem ini menggunakan siklus datang bulan atau yang sering di sebut dengan haid., akan tetapi perlu anda ketahui bahwa efektifitas menggunakan cara ini tergolong paling rendah, tingkat akurasinya sekit5a 60-70%. hal ini di karenkan penghitungan dengan cara ini di lakukan secara manual perlu ketelitian, kecermatan dan tentunya kesabaran.  mengapa demikian, karena seorang wanita tentunya tidak sama dalam siklus datang buklan ada yang datang bulanya siklusnya teratur akan tetapi ada juga yang siklus haid (datang bulan) tidak teratur. perlu di ketahui bahwasanya masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari pada mestruasi berikutnya. Berlangsung masa subur wanita ini ada pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal menstruasi yang akan  tiba.  Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. untuk itu dalam melakukan metode ini kecermatan dan keteppatan perhitungan di perlukan begitu teliti.

2,Mengetahui Masa subur Dengan mengukur suhu badan.
Cara mengetahui kesuburan menggunakan cara ini tingkat akurasinya cukup tinggi yaitu sampai seekitar 80%,  terus bagai ana cara melakukannya, caranya adalah dengan mengukur suhu badan kita  secara teratur pada sekitar jam 5-6 pagi sebelum anda turun dari ranjang, hal ini anda lakukan beberapa hari setelah anda selesai datang bulan/datang bulan sudah bersih alias tuntas. dengan catatan apabila suhu badan anda dalam beberapa hari itu terus mendatar maka  saat itu anda dalam keadaan kurang subur, akan tetapi bila tiba-tiba suhu badan anda naik drastis itu bertanda anda dalam keadaan subur.

3. Air Seni
Kita dapat mengetahui kesuburan kita dengan metode air seni yaitu dengan mengetes air seni kita pada suatu alat, alat ini biasanya di jual di apotok-apotik, dengan metode ini tingkat akurasinya sekitar 90-95%

3.lendir kesuburan dan air liur.
dalam hal ini ke akuratanya paling tinggi akan tetapi sayang dengan metode ini kita harus punya alat khusus, untuk itu anda bisa konsultasi pada dokter.

Nah itulah beberapa cara untuk mengetahui tingkat kesuburan seorang wanita.

0 comments:

Post a Comment